Senin, 20 Maret 2017

Manfaat layanan internet dalam pembelajaran


Manfaat layanan internet dalam pembelajaran

Internet adalah kumpulan beberapa komputer dari seluruh dunia yang terlingkup dalam suatu jaringan yang sangat luas dengan teknologi dan adanya suatu hubungan antara server dan client. Internet merupakan sebuah layanan yang merupakan sebuah layanan yang memberikan sebuah informasi mengenai pengetahuan, tentang sejarah dan tentang teknologi.

Internet dapat digunakan dalam proses pendidikan terutama sebagai layanan dalam pembelajaran.Teknologi yang ada dapat dimanfaatkan guru yang mengajar dengan menggunakan akses internet dan terciptalah pendidikan yang interaktif antara seorang guru yang dapat memiliki sumber informasi up to update.

Sebelum mengetahui layanan internet yang dapat digunakan dalam pembelajaran, guru dalam mendidik dapat digunakan layanan yang dapat diajarkan. Membahas mengenai manfaat layanan internet dalam pembelajaran bagi guru dan peserta didik.

Manfaat layanan internet bagi guru, antara lain:

1.Pengembangan profesionalisme
a.Meningkatkan pengetahuan dan wawasan kependidikan
b.Bekerja sama dalam sesama  mengajar
c.Berprestasi dalam forum pengetahuan pendidikan.

2.Sumber bahan ajar
a. Mengakses rencana belajar
b. Bahan baku dalam segala bidang pembelajaran.
c. Mengumpulkan bahan ajar dari berbagai sumber.

Untuk siswa, internet dapat dimanfaatkan sebagai:
Belajar cepat
a.Meningkatkan informasi
b.Bajar inter-aktif
c.Mengembangkan balajar sendiri
Memperkaya pengetahuan dan wawasan
a. Meningkatkan komunikasi dalam belajar
b. Meningkatkan cara belajar.

Dalam pembelajaran, guru dapat menggunakan layanan internet web course. Web course adalah penggunaan internet untuk keperluan pembelajaran, dimana seluruh bahan belajar, diskusi dan penugasan dari internet sepenuhnya.

Siswa dapat meminta penjelasan kepada guru tetapi sepenuhnya terpisah, namun hubungan komunikasi dapat dilakukan di setiap saat. Bentuk layanan  untuk keperluan pembelajaran melalui kegiatan fasilitas internet seperti e-mail, chatt rooms, bulletin board dan online conference.

Sistem layanan dalam web course dengan sumber belajar digital, baik layanan yang dikembangkan sendiri maupun dengan membuat hubungan (link) ke berbagai sumber belajar yang tersedia dalam internet.

Sumber: http://kompternet.blogspot.co.id/2017/03/manfaat-layanan-internet-dalam.html


Share:
Lokasi: Magetan Regency, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Jam

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Surendro Wiratmoko lahir di Magetan tanggal 14 April 1981. Riwayat pendidikan: SDN Pacalan 1 (1987-1994), SMPN 1 Magetan (1994-1997), SMU 2 Magetan (1997-2000), S1 di Universitas Muhammadiyah Malang jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (2000-2005), D3 di Politeknik Madiun jurusan Teknik Komputer Jaringan (2008-2010). Tempat tinggal: Desa Pacalan RT 32 RW 3, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Mulai mengajar di SMPN 1 Magetan tahun 2005.

Tutorial Microsoft Word 2007

Cari Blog Ini

Popular